Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh, Merdeka !

Sumpah Pemuda Merupakan Perwujudan Kesadaran Generasi Muda Dalam Membangun Dan Mewujudkan Persatuan Dalam Membangun Bangsa Yang Besar Dan Kuat

 

Sumpah Mahayu Semesta Merupakan Perwujudan Kesadaran Para Pemimpin Sejati Dalam Membangun Dan Mewujudkan Kesejahteraan Bersama

KETIKA MITOLOGI, WAHYU DAN ILMU PENGETAHUAN DALAM GENGGAMAN SEORANG VISIONER

Tuhan bercerita melalui wahyu yang diturunkan.

Berbagai kisah yang tertulis melalui tafsir dalam literatur kitab suci dan kisah yang secara bias sering dianggap oleh sebagian orang sebagai mitologi belaka.

Padahal bisa saja menciptakan sebuah daya spiritual yang luar biasa, bahkan bisa menjadi suatu kekuatan pembuka kesadaran sehingga menjadi inspirasi baru yang tak disangka.

Jika mitologi, wahyu, ilmu pengetahuan dikolaborasikan dalam sebuah visi, maka terwujudlah surga yang dikisahkan dalam kitab-Nya.

Mewujudkan surga menjadi nyata butuh arsitek ber-ilmu pengetahuan dengan imajinasi tingkat tinggi, agar inspirasi tidak menjadi khayalan belaka.

Seperti dikutip dari orang-orang bijak :
Inspirasi lahir dari pikiran yang terarah
Imajinasi lahir dari perasaan yang terarah
Intuisi lahir dari kehendak yang terarah

Imagination is more important that knowledge
(Albert Einstein)

When someone feels good, she/he functions well (Lea Waters, profesor psikologi University of Melbourne)

Education is the most powerful weapon to change the world (Nelson Mandela)

Semua kutipan dari manusia-manusia hebat itu jika disarikan, dipadu menjadi sajian yang lezat layaknya lotek yang berisi berbagai komposisi saling bersinergi. Menyatu menjadi kebahagiaan. (ini hanya analogi usil saya)

Bukankah gambaran surga adalah kebun, tempat indah berisi orang-orang yang berbahagia?

Menurut psikolog, ada empat hormon yang membuat bahagia :
– Dopamin, meningkat apabila kita merasa diri diterima oleh lingkungan, merasa dipuji, masih dianggap sebagai seseorang.
– Oxytocin, meningkat apabila kita merasa dihargai (bukan berarti dirupiahkan) dipeluk atau ada kesempatan memeluk.
– Serotonin, meningkat apabila kita melakukan kegiatan memberi, ada rasa nikmat ketika memberi dan berbagi.
– Endorphin, meningkat apabila kita bisa tertawa terbahak-bahak, banyak exercise dan masih bergiat sex (bagi manusia dewasa)

Untuk dapat meningkatkan keempat hormon pemicu kebahagiaan maka perlu komunitas, butuh lingkungan dengan orang-orang yang hangat, kawan satu frekuensi yang menjadi bagian dari hari-hari.

Rasa bahagia akan menambah rentang panjang harapan hidup kita (life expectancy)

Orang yang berbahagia akan berfikir baik sehingga membuahkan inspirasi.
Orang yang berbahagia, maka perasaanya melambungkan imajinasi.
Orang yang berbahagai maka kehendaknya akan mempertajam intuisi.

Ketika ilmu pengetahuan, mitologi berada dalam pandangan seorang visioner yang selalu berpegang pada wahyu, maka inspirasi, imajinasi dan intuisi yang terarah akan menciptakan realisasi surga yang dikisahkan di dalam kitab Tuhannya.

******

Pada bagian atas gambar berikut adalah mercusuar yang disulap menjadi hotel mewah.

Adalah Eric Nissen Johansen, pendiri Swedia Stylt, agen desain yang mengubah Pater Naster bangunan bekas mercusuar penjaga pulau yang konon tidak bisa dihuni selama 110 tahun itu. Sebab lokasi sekitar pulau yang dikenal oleh pelaut sebagai perairan yang sangat berbahaya.

Mercusuar yang dibangun tahun 1868 sebagai bentuk penghormatan atas do’a para pelaut demi keselamatan di tengah lingkungan ekstrem.

Penjaga mercusuar tinggal bersama keluarga dan para pegawainya, mereka menyelamatkan, menjaga, merawat para pelaut yang karam.

Mereka menciptakan kampung kecil dan mengisolasi diri.

Hamneskar Swedia, nama hotel mewah itu. Lengkap dengan restoran, bar dan cafe terbuka di luar ruangan, fasilitas berlayar, scuba diving, kelas memasak, bermeditasi, memancing di laut dalam serta menikmati hasil tangkapannya.

Tempat nyaman untuk mencari inspirasi.

Pun menulis tentunya.

Semua hal unik ada di sana, lokasi terpencil, alam fantastis, kondisi cuaca ekstrim, sejarah yang mendebarkan, keramahan yang luar biasa serta kemewahan.

Berada di pulau berbatu tepatnya di Marstrand, Swedia bagian Barat.

(travel.kompas.com 27/10/2020)

*******

Gambar bagian bawah adalah area Kampus Al Zaytun, Pusat Pendidikan Pengembangan Budaya Toleransi dan Perdamaian lengkap dengan laboratorium pertanian seluas 1.200 hektar. The Oxygen city. Eduagropolitan. Pesantren moderen terbesar Asia. Masjid Rahmatan Lil Alamin terbesar Asia Tenggara. Beduk Raksasa. Menara Masjid Pemuda dan Perdamaian tertinggi ke-3 Dunia. Danau Tirta Kencana. Pulau Delta Mas Kumambang. Kebun aneka buah, bunga dan tanaman organik. Konservasi alam. Suaka aneka satwa.

Keduanya diwujudkan oleh para pemuda yang mempunyai visi dengan menajamkan inspirasi, imajinasi dan intuisi.

Walhamdulillahirabbil’alamiin,  merdeka !
Salam Sumpah Pemuda

Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa

INDONESIA

28 Oktober 2020

Gantar Indramayu
Suci Murni

 

SALAM TOLERANSI & PERDAMAIAN

ONE LORD – ONE LAND – ONE LAW

RAHMATAN LIL ‘ALAMIIN


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *