Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh! Merdeka!!!

“Pada hakikatnya, kita manusia berasal dari satu nenek moyang yg sama, satu sumber yang sama, dan akan kembali kepada tempat yang sama pula, yakni Allah SWT. Perbedaan suku, bangsa dan bahasa sejatinya merupakan kehendak Allah SWT, agar manusia satu dengan yang lain dapat saling mengenal dan bekerja sama untuk melestarikan dan memakmurkan bumi.

Pusat Pendidikan Pengembangan Pengembangan Budaya Toleransi Dan Perdamaian

Inilah sesungguhnya inti dari hidup dan kehidupan menurut ajaran Ilahi.
Sebagai khalifah Allah di muka bumi, manusia di berikan berbagai kelebihan atas makhluk – makhluk lainnya berupa, akal, ilmu pengetahuan, hasrat dan keinginan, semangat dan kemauan, otak dan pikiran, serta berbagai kelebihan lainnya. Dengan berbagai kelebihan tersebut, manusia mampu berkelana, melanglang buana dan mengisi segenap kisi- kisi pelosok bumi.

Selanjutnya, seiring perputaran waktu dan zaman, umat manusia semakin mampu mengaktualisasikan dirinya, sehingga menjadi bersuku- suku, berbangsa- bangsa, dan bahasa- bahasa serta berbagai corak dan ragamnya.

Berangkat dari kenyataan ini, perbedaan semestinya di sikapi secara positif sebagai rahmat dari Allah SWT.
Dengan cara pandang demikian, perbedaan tidak akan menjadi pangkal permusuhan, justru jadi sarana saling mengenal dan membina kehidupan yg harmonis atas dasar kemanusiaan, sebagaimana di tegaskan Allah dlm Al-qur’an surat Al Hujuraat (49:13):


” Hai manusia, sesungguhnya kami ciptakan kamu dari seorang laki- laki dan perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku- suku supaya kamu saling kenal mengenal.”

(Syaykh Al-Zaytun AS Panji Gumilang )

Walhamdulillahirabbil’alamiin. Merdeka !

Spread the love
Categories: Uncategorized

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *